Contoh Makalah Bisnis Online


Berikut ini adalah contoh makalah bisnis online yang mungkin bisa membantu segala keperluan untuk menunjang kegiatan bisnis onlinep Anda.


Contoh Makalah Bisnis Online


BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Pada era yang modern ini, sudah banyak perkembangan yang dapat kita lihat saat ini. Salah satunya ialah penggunaan smartphone yang makin diminati dan semakin meningkat setiap tahunnya. Adanya fitur-fitur media sosial yang mudah diakses dan ditawarkan dalam sistem komunikasi smartphone ini tentunya semakin mempermudah kita dalam berkomunikasi dan tetap terhubung dengan teman, sahabat, bahkan kerabat yang jarang kita jumpai dalam keseharian karena padatnya rutinitas yang kita jalani sehari–hari. Dengan tersedianya fasilitas–fasilitas media sosial yang semakin memudahkan kita tidak hanya dalam berkomunikasi tetapi juga dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari–hari.

Hal ini jelas menarik keinginan para produsen atau afiliate (perorangan yang menjualkan produk orang lain) untuk mencari celah atau peluang usaha dengan mengambil keuntungan yang didapat dari banyak pengguna smartphone saat ini. Dengan hanya bermodalkan smartphone yang kita gunakan dalam keseharian ditunjang pula dengan fasilitas internet yang semakin luas, kita dapat mencoba suatu bentuk usaha yang dapat ditawarkan kepada konsumen termasuk dalam interaksi jual belinya. Saat ini ada satu tren yang sedang mengemuka di dunia, bahkan di Indonesia, yakni belanja online, atau sering disebut online shop.

Berbagai macam barang bisa kita dapatkan secara online. Dari baju, sepatu, tas, aksesorisnya, kosmetik, bisa kita beli secara online melalui internet, hanya dengan melakukan sekali ‘klik’ saja.
Online Shop terhitung mudah di jalankan, dan murah, karena tidak membutuhkan modal yang besar, foto produk serta akses internet untuk menjalankannya, bisnis online shop ini sudah dapat berjalan Tujuan dari pembuatan usaha online shop ini ialah lebih kepada meningkatkan kesejahteran atau perekonomian perorangan yang bersifat pribadi. Dunia internet sedang maju dengan pesatnya, bahkan sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian penduduk di dunia.

Oleh karena itu, penyusun ingin mencoba mengaplikasikan apa yang telah kami pelajari selama ini dengan menggabungkan kemampuan penyusun dan melihat peluang yang ada untuk membuka usaha yang dapat membantu dan meningkatkan perekonomian atau kesejahteran pribadi kami masing–masing terlebih dahulu.

Bisnis Online saat ini bukan lagi menjadi istilah asing di Indonesia, baik kita yang kesehariannya terbiasa menggunakan internet ataupun tidak. Apapun definisi yang diberikan untuk Bisinis Online ini, yang jelas pelaku bisnis ini memperolah keuntungan dari adanya internet.

Sebagian orang mendefinisikan bahwa bisnis online adalah sesuatu aktifitas bisnis baik jasa maupun produk yang ditawarkan melalui media internet mulai dari negoisasi hingga kegiatan transaksinya, seperti menjual software, ebook dan sejenisnya tanpa harus bertatap muka dengan customer. Saya sendiri cenderung lebih setuju apabila Bisnis Online didefinisikan sebagai “sesuatu aktivitas bisnis yang sebagian atau seluruh kegiatannya dilakukan melalui media internet” apapun jenis bisnisnya dari mulai menjual hasil bumi hingga mobil.

Dengan kata lain meski kita hanya seorang marketing dari sebuah perusahaan dan melakukan aktifitas marketing melalui media internet, bisa disebut sebagai pelaku bisnis online. Bahkan yang luar biasa adalah, jika kita memiliki kemampuan memasarkan di internet, sangat terbuka kesempatan luas untuk dapat membantu memasarkan produk-produk orang lain baik perorangan maupun perusahaan-perusahaan dengan pendapatan yang menggiurkan.

Bisnis Online terdiri dari 2 kata yakni Bisnis dan Online. Bisnis adalah suatu usaha atau aktivitas yang dilakukan oleh kelompok maupun individual, untuk mendapatkan laba dengan cara memproduksi produk maupun jasanya untuk memenuhi kebutuhan konsumennya. Sedangkan kata Online adalah suatu kegiatan yang terhubung melalui jaringan komputer yang dapat diakses melalui jaringan komputer lainnya.

Jadi dapat disimpulkan bahwa Bisnis Online adalah suatu kegiatan atau aktifitas yang dilakukan di media internet untuk menghasilkan uang. Seperti halnya sebuah kegiatan bisnis di kehidupan nyata, bisnis online yang di jalankan melalui internet memiliki tujuan yang sama yaitu menghasilkan suatu keuntungan.

Banyak dan banyak sekali alternatif bisnis online tempat kita memperoleh pundi–pundi rupiah dari bisnis online. Sebagai contoh jika anda bisa melakukan kegiatan klik–klik iklan yang disediakan oleh pihak Advertiser maka anda lebih cocok mendalami Bisnis Paid To Click (PTC). Jika anda mempunya skill dalam menjual barang dan jasa maka bisnis Affiliasi atau Reseller sangat cocok untuk anda. Pintar meracik dan mengembangkan blog maka Bisnis Paid Per Click (PPC) bisa anda gunakan untuk meramaikan blog anda. Pintar merayu downline, MLM Online cocok buat anda. Dan masih banyak lainnya yang bisa anda coba.

B. Rumusan Masalah

1. Pengertian bisnis online dan internet marketing
2. Kelebihan dan kekurangan bisnis online
3. Elemen dan pelaku bisnis online
4. Jenis-jenis bisnis online
5. Cara sukses bisnis online
6. Cara memastikan sebuah bisnis online

C. Tujuan Penelitian

Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui perkembangan bisnis di dunia yang semakin modern oleh pengaruh teknologi. Dan hal ini dapat dimaknai bahwa bisnis bisa dimulai kapan saja, dimana saja dan oleh siapa saja. Dengan berbagai teknologi sekarang ini, contohnya seperti smartphone, seseorang bisa memulai berwirausaha melalui media sosial yang juga banyak digunakan oleh masyaraat sekarang ini. Tujuan penulisan ini juga bermanfaat agar dapat menambah wawasan dalam mengikuti perkembangan teknologi.

D. Metode Penelitian

Metode yang digunakan dalam penyusunan makalah ini adalah metode observasi, kepustakaan, dan deskriptif. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah penulis dapat mengetahui gambaran secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta gejala yang sudah diteliti.

BAB II
LANDASAN TEORI

A. Pengertian Bisnis Online

Menurut Didit Agus Irwantoko, bisnis online (online shop) merupakan proses pembelian barang atau jasa oleh konsumen ke penjual realtime, tanpa pelayan, dan melalui internet. Toko virtual ini mengubah paradigma proses membeli barang atau jasa dibatasi oleh tembok, pengecer, atau mall. Maksudnya, tak perlu harus bertemu penjual atau pembeli secara langsung, tak perlu menemukan wujud ‘pasar’ secara fisik, namun hanya dengan menghadap layar monitor computer, dengan koneksi internet tersambung, kita dapat melakukan transaksi jual atau beli secara cepat dan nyaman.
Hasil survey terakhir (December 2011) menunjukkan bahwa 36% dari seluruh transaksi perdagangan yang terjadi di Indonesia di lakukan secara online atau online shop.

Survey yang dapat menjadi tolok ukur untuk mengetahui kecenderungan konsumen dalam berbelanja melalui online tersebut dilakukan di 25 negara dengan periode antara 5 Desember 2011 hingga 6 Februari 2012. Laporan untuk kawasan Asia/Pasifik—Thailand, Cina, Jepang, Korea, Australia, Malaysia, Selandia Baru, Taiwan, Vietnam, Hong Kong, Indonesia, Singapura, India, Filipina juga dilengkapi dengan wawancara mengenai perilaku berbelanja online terhadap 7.373 responden dari 14 negara—catatan: hasil survei dan laporan yang menyertainya tidak mencerminkan kinerja keuangan MasterCard, (DuniaUKM, 2012).

Di Indonesia sendiri, belanja online atau online shop mulai muncul sekitar tahun 2000-an, dan sekarang toko online sudah menjamur ada dimana mana. Apalagi dengan adanya dukungan media jejaring sosial, seperti facebook, twitter, blog, multiply, tumblr, yang dapat sangat berguna untuk mempromosikan produk yang ingin di jual atau di beli. Media sosial inilah merupakan salah satu media yang membuat bisnis online semakin mudah terjadi.

B. Pengertian Internet Marketing

Menurut Mohammed, Fisher, &Jaworski, internet marketing adalah sarana atau wadah dalam memasarkan produk maupun jasa melalui internet. Internet marketing ini merupakan aplikasi dan penerapan dari teknologi internet dan teknologi-teknologi digital yang terkait dengan tujuan-tujuan peningkatan pemasaran. Teknologi-teknologi tersebut seperti provider internet, media internet, kabel-kabel jaringan internet, satelit, hardware, software, yang semuanya sangat menunjang percepatan internet marketing.

Dalam kegiatan internet marketing dilakukan oleh para pemasar, tentu terdapat manfaat yang diperoleh sehingga jumlah pengguna media internet untuk kegiatan pemasaran terus meningkat pesat. Setidaknya, terdapat dua manfaat utama internet marketing, yakni:

1. Biayanya yang relative murah
Dari aspek biaya, internet marketing relatif lebih murah jika dihitung berdasarkan rasio biaya terhadap jangkuan target pemirsa. Perusahaan dapat menjangkau khalayak yang luas jika dibandingkan dengan sarana periklanan tradisional. Sifat medianya memungkinkan konsumen memeriksa dan membandingkan produk dengan nyaman.

2. Muatan informasi yang besar
Manfaaat lain yang terkait dengan internet marketing adalah tersedianya sejumlah besar informasi. Dibandingkan dengan media tradisional seperti cetak, radio dan TV, internet marketing hanya menggunakan biaya relatif rendah dibandingkan media lain. Perusahaan yang menggunakan internet marketing juga dapat menyimpan data secara akurat dan menyimpan transaksi keuangannya.

Secara keseluruhan, internet marketing membantu perluasan bisnis dari pasar local menuju pasar internasional dengan lebih cepat. Selain itu manfaat lainnya adalah keterukuran, fleksibilitas, dan keterjangkauan (Hermawan, 2012).

Internet marketing dalam penggunaannya sebagai media untuk membangun persepsi merek produk dan mendukung fungsi penjualan, mempunyai kemampuan sebagai jembatan bagi perusahaan untuk mencapai tujuan dalam menggunakannya. Penggunaan internet marketing sebagai media dalam komunikasi pemasaran sebuah perusahaan mempermudah pemahaman tentang tujuan dari internet marketing.

Pemanfaatan internet marketing sebagai cara mempermudah dalam pemahaman tentang tujuan komunikasi mengenai internet marketing, Morissan (2010:324) membaginya menjadi:

1. Penyebaran informasi
Salah satu tujuan utama keberadaan internet sebagai media marketing adalah menyediakan informasi secara lengkap dan mendalam mengenai produk suatu perusahaan. Perusahaan atau pemilik brand yang memanfaatkan internet marketing untuk menyediakan segala informasi mengenai produk yang dimilikinya, berpeluang lebih besar untuk dapat mendapatkan pembeli. Secara singkat penggunaan internet sebagai media marketing merupakan yang paling tepat untuk menyampaikan informasi secara lengkap kepada khalayak.

2. Menciptakan kesadaran
Bagi perusahaan yang masih memiliki anggaran promosi terbatas, penggunaan internet dalam marketing menawarkan untuk menciptakan kesadaran yang lebih efektif dibandingkan dengan media tradisional lainnya. Sehingga penggunaan internet marketing terkadang lebih bermanfaat dalam menciptakan kesadaran terhadap organisasi atau perusahaan, sekaligus menciptakan kesadaran bagi barang atau jasa yang dihasilkan perusahaan.

3. Tujuan riset
Sebuah perusahaan menggunakan media internet selain untuk mengembangkan dan mempertahankan hubungan dengan pelanggan juga bertujuan untuk melakukan riset pasar dan mengumpulkan informasi dari perusahaan pesaing.

4. Membangun persepsi
Banyak perusahaan saat ini menggunakan internet sebagai media marketing dirancang dengan tujuan membangun persepsi mengenai image perusahaan yang bersangkutan terhadap khalayak.

5. Percobaan produk
Perusahaan adakalanya menggunakan media internet dalam marketing untuk menawarkan elektronik kepada pengunjung dalam upaya untuk mendorong konsumen agar bersedia mencoba produk yang ditawarkan.

6. Meningkatkan distribusi
Internet marketing sebagai media yang mempunyai beberapa tools membuat sejumlah perusaahaan dapat bekerja sama untuk saling menampilkan produk mereka masing-masing. Salah satu tools tersebut adalah website dimana bentuk kerjasamanya disebut afiliasi yaitu hubungan kerjasama di antara sejumlah situs atau website.

7. Meningkatkan pelayanan
Banyak perusahaan yang merasakan manfaat internet sebab mampu memberikan informasi dan menjawab pertanyaan dan keluhan pelanggan. Peran tersebut pada akhirnya dapat meningkatkan pelayanan dan membangun hubungan baik antara perusahaan dan konsumennya.

C. Elemen dan Pelaku Bisnis Online

Elemen dalam sistem bisnis terdiri dari empat, yaitu
:
1.Modal (Capital)
Sejumlah uang yang digunakan untuk menjalankan kegiatan bisnis yaitu transaksi.

2. Bahan-bahan (Materials)
Faktor produksi yang diperlukan dalam melaksanakan aktifitas bisnis untukdiolah dan menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat.

3. Sumber Daya Manusia (SDM)
Kualifikasi SDM, yakni memiliki kemampuan kompetitif dan berkualitas tinggi.

4. Keterampilan Manajemen (Manajement Skill)
Sistem manajemen yang dijalankan berdasarkan prosedur dan tata kerja manajemen. Serta para pelaku dalam bisnis online, yaitu:
1. Owner, sebagian orang yang memiliki produk atau jasa
2. Marketer, sebagian orang yang mempunyai keahlian dalam memasarkan sebuah produk tanpa memiliki produk tersebut.
3. Publisher, sebagian orang mempunyai web atau blog dengan menyediakan ruang sebagai tempat produksi produk.

D. Jenis-Jenis Bisnis Online

Dalam pengaplikasiannya bisnis online dapat dikatagorikan menjadi beberapa jenis, antara lain:

1. Affiliate Marketing

Kita akan bertindak sebagai seorang pemasaran/sales dari situs bisnis tertentu dalam bentuk kerjasama/partnership dan akan mendapat bayaran berupa komisi jika produk yang kita pasarkan tersebut laku. Jumlah komisi biasanya berapa persen dari harga produk,  jumlahnya tergantung dari peraturan kerjasama masing-masing situs. Produk biasanya berupa barang non-fisik berupa e-book, situs bisnis investasi ataupun situs toko online yang menjual barang-barang pada fisik, misalnya affiliati dari amazon.com. Untuk jenis bisnis online yang ini jika kita sukses maka kita akan mendapat uang asli dengan jumlah yang besar.

2. Reseller

Reseller hampir sama dengan affiliati marketing,namun sebelum bergabung biasanya diharuskan dulu untuk membeli produk mereka dan mematuhi system yang mereka buat.

3. Produk Informasi

Kita akan menjual informasi,misalnya anda memiliki keahlian tertentu dan menjualnya dengan jalan membuat Ebook tutorial maupun mengelola sebuah situs pengelola member yang mengharuskan membayar bagi member untuk bisa membaca informasi dari kita.

4. Bisnis Iklan (Advertising)

Bisnis yang satu ini sangat beragam,untuk Saat ini bisnis periklanan sudah ramai dan paling banyak dijalankan. Misalnya kita membuat sebuah situs yang akan mempertemukan si pengiklan (advertiser) dan penayang (publisher).

5. Paid To Click (PTC)

Paid To Click adalah mengklik iklan yang disediakan oleh situs dan melihat tayangan iklan tersebut, yang ini saya belum begitu mengenalnya.

6. Paid To Review (PTR)

Paid To Review adalah mendapatkan bayaran dengan menjual  jasa berupa artikel review pada blog atau situs kita tentang sebuah produk atau sebuah blog/situs lain. Jadi ulasan atau artikel review kita tersebut dibayar oleh mereka. Kalau blog atau situs kita sudah populer atau banyak visitor,akan ada saja nanti yang datang sendiri mengontak kita untuk menawarkan review ini.

7. Jualan Link

Memasang link (anchor text) ataupun banner link yang mengarah kesebuah situs tertentu dengan imbalan uang,biasanya kontrak untuk ini dibayar perbulan atau tergantung perjanjian.Ini berkaitan juga dengan Bisnis iklan atau jasa backlink. Sama dengan Paid to Review,blog kita harus memiliki blog yang populer dan memiliki pengunjung.

8. Toko Online

Menjual barang nyata melalui media di internet. kita berjualan barang pada umumnya, dengan mengelola sebuah situs yang memajang foto,harga dan cara pemesanan aneka dagangan kita disitus toko online tersebut juga disertai keterangan mengenai peraturan transaksi.

9. Content Writer

Jika kita memiliki kemampuan menulis artikel, kita bisa menawarkan diri dengan menjual jasa pembuatan karya tulisan kita kepada sebuah blog milik orang lain.Yang ini cukup simpel,tidak perlu harus membuat blog/situs.Jika kita bisa membuat situs untuk menawarkan jasa kita tersebut, kemungkinan karya kita akan laris manis.

10. Jasa Online

Menyediakan jasa yang dibutuhkan oleh pebisnis lain.misalnya  jasa web hosting, jasa pembuat web site atau website designer, jasa kursus online seperti khursus bahasa programer, jasa konsultan dan banyak lagi.

11. Menjual Website atau Blog

Buatlah sebuah situs,kelola dengan baik dan jika sudah terkenal dan memiliki PageRank,pengunjung yang banyak (biasanya sebuah blog),akan laku jika dijual.

12. Investasi Online

Menginvestasikan sejumlah uang di internet dengan harapan mendapat pelipatgandaan. Peringatan!..tidak semua investasi online itu perusahaan yang baik baik,pelajari baik baik dulu sebelum memulainya. Investasi online antara lain adalah Forex online trading dan Saham online.

13. Bisnis MLM

Untuk bisnis yang satu ini juga harap waspada,banyak yang memiliki unsur tipu tipu.Bermodal sekian dengan dijanjikan hasil yang berlipat lipat. Biasanya sistem kerja dari mlm ini adalah kita disuruh menyetorkan sejumlah uang kepada level diatas kita. Dan kita harus mendapat anggota dibawah level kita untuk mendapat uang.Yang bawah selalu dirugikan.

14. Domain Parking

Membeli domain lalu diparkir. Kita akan membeli banyak domain dengan nama yang sebagus bagusnya dan nantinya didiemin saja cuma dipasangin iklan saja.Suatu saat domain kita tersebut akan ada pembelinya dan kita jual lebih mahal.

E. Cara Sukses Usaha Bisnis Online

Berikut ini akan dijelaskan secara lengkap tentang bagaimana cara sukses usaha bisnis online. Adapun dalam tulisan ini akan dipaparkan 9 cara sukses bisnis:

1. Tentukan Tujuan
Dalam menentukan tujuan ini, Anda harus terlebih dahulu memikirkan sebuah tujuan, tentang sektor bisnis online apa yang akan hendak dilakoni. Sebagai contoh bisnis online jualan baju lewat Facebook, binsin online membuat Blog, bisnis online melalui Twitter dan lain sebagainya. Dengan memantapkan tujuan bisnis online, tentunya akan mempengaruhi keberhasilan usaha online yang akan dilaksanakan nantinya.

2. Riset Pasar
Memulai bisnis online sesuai minat merupakan hal yang baik. Dan akan lebih baik jika sebelumnya diikuti dengan riset. Melakukan riset pasar adalah cara untuk mengendus seberapa baik potensi pasar.

3. Jangan Ditunda
Jika sudah punya tujuan Bisnis Online maka segera lakukan, laksanakan. Jangan ditunda-tunda. Sebab sering kejadian sesuatu yang ditunda akhirnya tidak jadi dilaksanakan. Apalagi kalau sudah punya ide, langsung laksanakan jangan ditunda.

4. Lakukan Bertahap
Menjalankan bisnis online bukan kerja semalam. Namun merupakan kerja yang membutuhkan konsistensi dan dilakukan secara terus menerus. Pebisnis online selalu punya langkah lanjutan untuk membuat bisnis onlinenya lebih sukses.

5. Perluas Jaringan
Teman, kawan dan jaringan merupakan kepanjangan tangan dari pengaturan rejeki yang sudah diatur oleh Tuhan. Makin banyak jaringan anda, makin banyak pintu rejeki akan mengalir pada anda.

6. Marketing
Marketing atau pemasaran adalah penggerak dari segala jenis bisnis di dunia ini, termasuk di bisnis online. Di dunia Bisnis manapun Marketing adalah pendukung utama penjualan, jangan bosan untuk melakukan Marketing. Perusahaan yang sudah besar sekalipun tidak bosan-bosan melakukan Marketing.

7. Berani Ambil Resiko
Yang namanya Resiko disetiap kegiatan apapun selalu ada, baik resiko terbaik maupun resiko terburuk. Tinggal bagaimana kita memandang resiko terutama resiko yang buruk. Kata para ahli orang yang sukses adalah orang yang berani ambil resiko.

8. Harus Fokus
Jangan mudah berpindah arah. Tetap fokus dengan bisnis online anda. Ada banyak “godaan” di bisnis online, dan di sini FOKUS anda diuji.

9. Jangan Bosan
Mungkin ada saatnya anda mengalami kebosanan saat harus menjalankan ini itu agar bisnis online anda tetap berjalan. Bosan merupakan sifat yang sangat manusiawi. Namun untuk berhasil anda harus bisa mengalahkan sifat mudah bosan. Yang namanya hidup ini adakalanya kita merasa bosan, makan saja kadang bosan. Tapi rasa bosan jangan dibiarkan, cari variasi lain biar nggak bosan.

F. Cara Memastikan Sebuah Bisnis Online

Saat ini pun masih banyak beredar penipuan berkedok online shop alias online shop fiktif. Gambar, harga miring, diskon besar besaran, komentar komentar positif yang tertera pada toko online tersebut, belum bisa di jadikan jaminan yang cukup untuk kita mempercayainya. Apalagi bagi kita yang masih ragu dengan bisnis online (online shop) ini. Berikut tips tips cara memastikan keaslian sebuah bisnis online:

1. Tanyakan kepada si admin, dimana alamat toko tersebut. Jika diberikan alamat yang jelas coba lacak menggunakan Google map, apakah alamat tersebut fiktif atau tidak.
2. Tanyakan apabila toko tersebut lokasinya dekat, bisahkah COD (cash on delivery). Bila si pemilik toko enggan melakukan transaksi COD, lebih baik tidak perlu ada transaksi.
3. Bila lokasi jauh bisakah transaksi menggunakan rekening bersama. Jika pemilik toko enggan menggunakan rekening bersama, dipastikan mereka takut. Karena bila menggunakan rekening bersama otomatis keamanan uang Anda terjamin.
4. Coba cari nomer telepon yang tertera di toko tersebut di Google. Biasanya dengan begitu Anda bisa menemukan banyak komentar-komentar dari para pembeli yang sudah ditipu.


BAB III
PEMBAHASAN
A. Pembahasan Bisnis Usaha

1. Nama Usaha
Usaha yang telah dikembangkan bernama “Andida Shoes”.

2. Modal
Andida Shoes tidak membutuhkan modal besar. Modal ini untuk pembelian barang jualan. Modal juga menjadi lebih kecil karena tidak mempekerjakan orang lain. Saat mulai merintis, semua pekerjaan dilakukan sendiri, mulai dari belanja produk, mengurus packaging, pengiriman hingga pembukuan.

3. Rencana
Lokasi Usaha Untuk mengembangkan usaha akan di buat website, dan aplikasi media sosial seperti WA, LINE, dan BBM.

4. Jangkauan Pemasaran atau Target Pelanggan
Dalam hal ini, target pelanggan usaha online shop ini adlah semua orang terdapat di group yang telah dibuat. Serta jangkauan yang mencakup seluruh Indonesia dengan menggunakan pengiriman via JNE.

5. Waktu Usaha
Dalam menjalankan usaha online shop ini, kami tidak memerlukan waktu khusus dalam mengerjakanny. Kami dapat melakukannya dimana pun dan kapan pun tanpa mengganggu aktivitas lainnya.

6. Perangkat Keras dan Lunak yang Digunakan
Perangkat yang digunakan dalam usaha ini adalah:
a) Smartphone
b) Laptop atau komputer
c) Modem (sebagai koneksi internet)
d) M-Banking atau E-Banking

7. Jenis Produk
Produk yang dipasarkan adalah berbagai macam sepatu baik itu sepatu pria maupun sepatu wanita, antara lain:
a) Sepatu Olahraga
b) Sepatu Formal & Oxford
c) Sepatu Boots & Outdoor
d) Sepatu Slipon & Loafer
e) Sepatu Flat & Ballerina
f) Heels
g) Wedges

8. Laba
Laba dari tiap produk yang ditawarkan berbeda, untuk bulan pertama kemungkinan laba adalah Rp 15.000–Rp 1.000.000 tergantung dari berapa banyak barang yang terjual selama satu bulan tersebut.

9. Pembagian Hasil
Kebanyakan dalam pembuatan usaha online shop jenis ini adalah perorangan, maka tidak ada pembagian hasil dengan pihak maupun dalam usaha online shop ini. Karena laba atau keuntungan yang didapat dari tiap barangnya hanya sedikit, umumnya maksimal pembuatan usaha online ini hanya 2 orang saja. Dengan begitu pembagian hasilnya dapat dilakukan pada akhir tahun atau sesuai kesepakatan waktu pembagian hasil yang dilakukan diawal dengan presentase sebesar 50% : 50%

10. Surat Perjanjian
Dalam awal menjalankan usaha online shop ini biasanya perjanjian yang dibuat hanya berdasarkan lisan atau ucapan saja, tidak ada surat perjanjian dalam usaha online shop ini. Hal itu terjadi selama tidak ada anggota yang memberikan modal dalam bentuk apapun yang mengharuskan dibuatnya surat perjanjian untuk mendapatkan jaminan hukum.

11. Strategi Pemasaran
Strategi yang akan kami jalankan pada usaha online shop ini antara lain:
a) Menampilkan barang-barang yang bias mengundang atau memancing orang untuk melihat-lihat barang yang ditawarkan.
b) Memberikan diskon atau potongan harga jika membeli dalam  jumlah banyak.
c) Memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada calon pembeli.
d) Memberikan diskon khusus kepada pembeli atau pelanggan setia.
e) Menyediakan fasilitas pembayaran yang lengkap.

12. Konsep Pemasaran
Andida Shoes menerapkan konsep pemasaran “Berwawasan Menjual” dengan menggunakan sistem payment yang artinya “ada uang ada barang”. Kami beranggapan bahwa, kami akan susah mendapatkan pelanggan dan pelanggan kami tidak akan membeli produk kami dalam  jumlah cukup banyak sehingga kami harus melakukan strategi penjuaan yang lebih baik dan gencar melakukan promosi.

13. Rencana Jangka Pendek, Jangka Menengah dan Jangka Panjang
Rencana yang akan diterapkan menjadi 3 tahap,yaitu:

a) Rencana Jangka Pendek Melakukan promosi, promosi dilakukan dengan cara menyebarkan selebaran dan memasang spanduk atau menempelkan reklame-reklame di tempat yag ramai dikunjungi orang.
b) Rencana Jangka Menengah Mengadakan diskon atau potongan harga. Promosi berjalan dengan lancar sehingga dapat menaikan pasar.
c) Rencana Jangka Panjang Untuk jangka panjangnya akan diadakan pembangunan butik, agar terdapat bentuk fisik pertokoan yang dijalankan.

14. Keunggulan Online Shop
Keunggulan dari pembuatan usaha online shop kami, antara lain:

a) Harga

Dalam menentukan harga barang atau produk yang dijualmemang harus disesuaikan dengan kantong dari konsumennya. Akan tetapi Andida Shoes ini tetap memperhatikan kualitas dari barang yang dijualnya, agar harga yang para konsumen bayar sesuai dengan kualitas barang yang mereka beli. Konsumen tidak perlu khawatir soal harga.

b) Model

Anak-anak muda biasanya tidak mau ketinggalan dalam hal berpakaian, mereka selalu berusaha mengikuti trend masa kini, dan model sepatu yang dijual biasanya dengan motif terbaru mengikuti perkembangan trend masa kini.

c) Pelayanan

Selain harga dan kualitas, hal lain yang cukup penting dalam usaha ini adalah pelayanan. Pelayanan yang ramah dengan fast respond akan membuat pelanggan terasa dilayani dengan baik dan mau berbelanja kembali di online shop kami.

d) Potongan Harga

Dengan memberikan potongan harga ongkos kirim atau dapat juga free ongkir untuk pembelian khusus atau kepada pelanggan setia.

e) Keterbatasan Sistem

Karena adanya keterbatasan sistem dalam perangkat smartphone yang mengakibatkan tidak meresponnya perangkat dikarenakan terlalu banyaknya seseorang berada dalam suatu group, sehingga ada beberapa kontak atau orang yang menolak untuk ikut masuk menjadi anggota dalam group ini. Maka dari itu kami menjadikan profil picture kami untuk menampilkan gambar-gambar produk yang ditawarkan di dalam group online shop kami. Sehingga orang-orang atau kontak yang tidak berada dalam group ini pun tetap dapat melihat apa yang coba kami tawarkan.

f) Kendala dan Solusi

Kendala yang sering dihadapi ialah saat pendistribusian pemesanan. Keterlambatan saat produk diantar adalah hal yang harus dihindari sedini mungkin.

B. Referensi Tokoh Sukses di Dunia Bisnis Online

1. Dalam Negeri

a) Hendrik Tio. Pendiri Bhinneka.com, Situs Web Toko Online Terbesar di Indonesia. Hendrik Tio adalah seseorang pelopor inspiratif yang sukses membangun bisnis online dengan mendirikan sebuah toko online terbesar di Indonesia yang diberi nama Bhinneka.com. situs Bhinneka.com ini berdiri sejak tahun 1999. Beliau mengawali bisnis online ini dengan modal hanya Rp 100 juta, Bhinneka.com yang dirintis oleh hendrik tio bisa sukses berkembang menjadi ecommerce computer yang terbesar di indonsia, sampai saat ini omzet yang beliau dapatkan per tahunnya berkisar 60 milyar rupiah.

Dan setiap harinya rata–rata pengunjung wbsite bhinneka.com mencapai 50 ribu pengunjung. Kebanyakan pengunjung bhinneka.com umumnya dari Jakarta, Bandung, Surabaya, Bali dan Makassar. Mereka dari kalangan anak–anak muda dan penggemar internet. Tak heran jika website toko online beliau masuk dalam  jajaran 100 besar website Indonesia.

b) Andrew Darwis. Pendiri Kaskus.co.id. Andrew Darwis Lahir, 20 juli 1979, Pendiri forum terbesar di Indonesia yaitu kaskus.co.id, Jabatan Chief Technology Officer (CTO) PT Darta Media Indonesia (Kaskus) sekaligus pemilik (owner) Kaskus Network lewat PT Darta Media Indonesia. Forum Kaskus ini didirikan pada 6 November 1999. Kaskus berasal dari kata Kasak-Kusuk atau bermakna bergosip, dengan modal awal sejumlah US$ 3 (Rp 30.000,-), yang beliau pakai untuk membeli serve, Andrew darwis merintis bisnis forum ini dibantu dengan 2 rekannya yaitu Ronald dan budi. tidak sampai 1 tahun, Kaskus sudah banyak dipercaya client-client besar. Kaskus launching pada bulan Desember tahun 2008. Dan sekitar 2 bulan kaskus berdiri, kaskus kenudian resmi menjadi perusahaan professional di bawah naungan PT. Darta Media Indonesia.

c) Budiono Darsono. Pendiri Detik.com, Media Online Terbesar di Indonesia. Budiono darsono lahir di semarang 1 oktober 1960, merupakan salah satu dari 4 pendiri media online terbesar di Indonesia atau lebih dikenal detik.com, Rekan pendiri lainnya yaitu yan Sopyan (eks wartawan DeTik), Abdul Rahman (mantan wartawan Tempo), dan Didi Nugrahadi. Awal didirikannya situs media online detik.com, karena pada tahun 1998 terjadi krisis politik, budiono darsono inilah yang menjadi pencetus untuk membuat berita online yang berisi berita–berita yang up to date, nama detik.com berasal dari slogan yang mereka pegang teguh yaitu “Kenapa tunggu besok kalau detik ini juga anda sudah tahu informasi?”

d) Habibie Afsyah. Pebisnis Online Internet Marketing Yang Merupakan Seorang Penyandang Difabel. Keterbatasan bukan merupakan suatu hambatan yang harus dipermasalahkan, terutama keterbatasan fisik yang dialami oleh habibie afsyah tak menyurut kan semangat beliau untuk meraih cita-citanya. Meskipun beliau memiliki keterbatasan fisik (difabel) tapi beliau tak pernah mengluh, ia selalu mensyukuri. Seorang putra bungsu dari pasangan suami istri H. Nasori Sugianto dan Hj. Endang Setyati yang lahir di Jakarta tanggal 6 Januari 1988.

Dengan kesabaran dari kdua orang tuanya yang terus menggali potensi dari anak bungsunya ini, sekarang habibie sudah terkenal menjadi peorang pebisnis online internet marketing yang sukses asal Indonesia. Sebelumnya sampai saat ini beliau melewati berbagai proses mulai dari belajar kursus marketing dan praktek secara real di dunia maya. Dan mulai menjajaki dunia internet marketing dari situs web amazon dengan menerbitkan ebook panduan sukses membuat situs jual beli properti (rumah101.com)dan menjadi trainer di acara seminar Eprofitmatrix bersama sang guru, Suwandi Chow.

e) Hadi Wenas. Pendiri Bukalapak.com. Menjadi seorang pemimpin di sebuah perusahaan yang besar memang tidak pernah terbayang dibenak Achmad Zacky. Tapi, berkat kemauan dan keinginan nya yang kuat sekarang telah membawa zaki menjadi sosok penting di dunia e-commerce Indonesia. “Tidak pernah terlintas dipikiran saya jadi pengusaha, dulu cita-cita saya ingin menjadi seorang insinyur, eh malah sekarang menjadi pengusaha,” ucap Zaky di Universitas Indonesia, Depok, ketika tim Merdeka.com menemuinya beberapa yang waktu lalu. Pria tamatan ITB (Institut Teknologi Bandung) tersebut mengatakan jika 10 tahun yang silam, zaki memulai membangun bisnis milik nya sendiri. Tapi, usaha mie ayam yang di rintis oleh Zacky bangkrut karena tidak fokus dalam berjualan. Walaupun begitu, Zacky tidak pantang menyerah dan mulai bangkit kembali sambil belajar didunia bisnis. Sampai akhirnya, pada bulan Januari 2010 dia bersama seorang temannya mendirikan sebuah eCommerce dengan nama Bukalapak.com. Dengan hanya bermodalkan beberapa helai uang ratusan ribu, Zacky akhirnya memulai usaha nya tersebut dengan menyewa sebuah domain dan hosting yang dibayarnya setiap bulan.

Memang, pada saat tahun 2010 yang lalu, bisnis menyewa hosting dan domain diIndonesia juga baru berkembang. Pada awalnya bukalapak.com hanya beranggotakan 2 dua orang tapi selah satu setengah tahun zaki berusaha merekrut tim-tim yang berpengalaman, zaki malah gagal, hal tersebut di karenakan zaki baru tamat kuliah dan belum pandai me-manage orang lain dan pada akhirnya zaki pun paham bagaimana cara merekrut orang-orang yang berkompeten, dan pada akhirnya dia mempunyai 320 orang karyawan saat ini. Dan pada saat ini bukalapak.com telah menjadi web yang di perhitungkan di Indonesia bahkan di dunia, menurut alexa rank bukalapak berada di posisi 9 di indonesia dan berada di posisi 358 di dunia.

2. Luar Negeri

a) Darren Rowse.

Pendiri problogger.net ini dijuluki "The Father of make money blogging" karena dengan bantuan nya dia mempersilahkan blogger menjadi guest blogger banyak pula blogger yang telah sukses berkan panduan nya. berdiri sejak November 2004 dengan penghasilan $100.000 per tahun setara Rp 1 Milyar. Topik yang dibahas di dalam website nya yaitu tentang make money online & blogging . dengan hanya update postingan 1-2 hari website ini menaRIK 1,5 juta pengunjung per bulan. ia mengandalkan penghasilan website nya dari google adsense, text link ads dan amazon associates.

b) Mark Frauenfelder.

Pemilik website boingboing.net ini mengawali karirnya sebagai kolumnis “living online” di perusahaan Playbot selama kurang 3 tahun. Boingboing.net sendiri didirikan oleh Mark pad aJanuari 2000, dan penghasilannya rata-rata Rp 1 Milyar pertahun. Topik yang ia bahas di dalamwebsite tersebut yaitu mengenal komputer, teknologi, komik, dan fiksi ilmiah. Dengan jumlah pengunjung sebanyak 2,6 juta unique visitors, dengan 22 juta pageviews. Update informasi di website ini yaitu sebanyak 20-40 posting perhari. Dengan mengandalkan 4 penulis bayaran. Sumber penghasilan website ini yaitu melalui iklan dengan tariff $350 hingga $2000 perminggu.

c) Mario Lavandeira.

Pemilik website perezhilton.com ini berhasil menggaet 4 juta unique visitor per hari. sangat mengagumkan bukan?. ya, website ini berisi gosip dan info mengenai selebriti dunia, didirikan pada september 2004 penghasilan dari website ini mencapai $110.000 per bulan atau setara Rp 13,2 Milyar per tahun. sumber penghasilan yaitu dari banner iklan yang memasang tarif $13.000 dollar perhari dengan update 40 postingan setiap hari nya. Pantas saja ia berkata "Advertisers come to me, because i got a lot of traffic. I get a lot of traffic because i work hard". Jadi bukan tidak mungkin jika kita bekerja keras meningkatkan traffic ke blog atau website kita, maka dollar akan mengalir ke rekening kita. yaa.. mudah mudahan saja tetapi bukan tidak mungkin jika kita benar benar fokus dan kerja keras.

d) Mark Zuckerberg.

Pendiri situs social networking terbesar di dunia Facebook.com ini pasti sudah tidak asing lagi untuk anda kan, dia merupakan genius di bidang programming computer. berawal dari sebuah situs penghubung antar mahasiswa Harvard di Amerika, ternyata respon orang orang pada saat itu sangat cepat dan positiv, ia pun berniat mengikuti langkah senior nya Bill Gates . DO dari Harvard dan mengembangkan situs yang sekarang menjadi social networking nomor 1 di dunia yaitu facebook. Bayangkan saja saat ini penggna facebook mencapai puluhan juta orang di seluruh dunia. Dan tahukan anda bahwa Mark pernah ditawari untuk menjual situs nya tersebut oleh friendster sebesar 10 juta us dollar, tawaran dari viacom 750 juta us dollar, dan yang paling mengejutkan yaitu tawaran dari yahoo sebesar 1 milyar us dollar.

e) Peter Cashmore.

Peter Cashmore adalah pendiri dan CEO sebuah situs media yang unik, Mashable.com. Situs ini sekarang memiliki lebih dari 10  juta pembaca bulanan dan telah ditargetkan untuk dapat memiliki pengunjung yang lebih banyak lagi akhir tahun ini. Nah, itu tadi adalah daftar pengusaha muda terkaya di dunia. Seperti yang bisa Anda baca, semua pengusaha tersebut memiliki passion dan mimpi yang besar. Kesuksesan mereka mencapai kesuksesan di usia muda merupakan hasil perwujudan dari hal-hal yang benar-benar mereka yakini dan sukai.

Tak hanya itu, para tokoh di atas juga berhasil karena mereka menciptakan berbagai produk yang berguna untuk umat manusia. Tak hanya sekadar menjadi motivasi, gunakanlah cerita-cerita dari para tokoh tersebut sebagai bahan acuan untuk mengembangkan bisnis yang sedang Anda jalankan. Perhatikanlah cara mereka berinovasi dan mengembangkan produk-produk mereka. Pelajari semangat mereka yang luar biasa untuk menciptakan sesuatu di usia yang masih sangat muda, mulai dari nol.
BAB IV
PENUTUP
A. Kesimpulan

Bisnis online (online shop) merupakan proses pembelian barang atau jasa oleh konsumen ke penjual realtime, tanpa pelayan, dan melalui internet. Tak perlu harus bertemu penjual atau pembeli secara langsung, tak perlu menemukan wujud pasar secara fisik, namun hanya dengan menghadap layar monitor computer, dengan koneksi internet tersambung, kita dapat melakukan transaksi jual atau beli secara cepat dan nyaman. Tetapi, tidak jarang yang hanya dilihat saja disebabkan beberapa faktor. Sebagian beranggapan, jika hanya melihat gambar, dan mengira - ira wujudnya saja, bisa jadi barang yang di beli tidak sesuai dengan ekspektasi atau bayangan kita atau mereka takut merasa kecewa atau dikecewakan dengan barang yang didapatkannya setelah melakukan transfer sejumlah uang tertentu. Karena transaksi sebagian besar online shop, dilakukan dengan cara mengirimkan sejumlah uang tertentu terlebih dulu kepada toko online, baru barang di kirim.

B. Saran

Dalam berwirausaha harus memiliki keinginan yang kuat dan menerima segala resiko yang ditempuh. Bahwa untuk memulai bisnis tidaklah mudah, nikmati saja prosesnya, pegang teguh komitmen dan fokus, jangan berhenti menggali, karena emas ada satu jengkal lagi. Upaya pengembangan usaha harus menyesuaikan dengan perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat yang diperlukan. Semakin banyaknya penciptaan lahan usaha maka akan mengurangi pengangguran di dalam negeri.


DAFTAR PUSTAKA
A. M, Morissan. 2010. Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu, Jakarta : Penerbit Kencana.
Didit Agus Irwantoko. (n.d.). Online shopping, belanja online, amankah? (http://nevafarrell.blogspot.com/2011/07/online-shopping-belanja-online-amankah.html, diakses 7 Agustus 2017)
Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi pemasaran, Jakarta : Penerbit Erlangga.
Kikifaradilla. 2015. Online. (https://kikifaradilla.wordpress.com/2015/04/16/makalah-tentang-bisnis-online/, diakses 7 Agustus 2017)
Mohammed, Rafi A; Jaworski, Bernard J; Fisher, Robert J; Paddison, Gordon J. 2003. Internet Marketing: Building Advantage in a Network Economy. 2nd edition, New York : McGraw-Hill Book Co.
Oktavia, Vincensia Leoni. 2016. (Online). (http://leonivincensiaug.blogspot.co.id/2016/10/makalah-bisnis-online-shop-marketing.html, diakses 7 Agustus 2017)

Subscribe to receive free email updates: